Rabu, 10 Mei 2023

Gimana Cara Membuat Bumbu Halus lebih Mudah dan tanpa Langu?

blendermurahcuy | Mulanya kegiatan memasak opor ayam, sambal goreng dan sayur buncis godok menjadi hal yang kurang menyenangkan tiap menjelang lebaran. H-1 saya sudah mulai lesu menatap tumpukan bawang di dapur. Yang menunggu disulap jadi bumbu dasar halus.

Alhamdulillah sebenarnya dimudahkan menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu-bumbu. Namun blender kecil yang kami punya mensyaratkan penambahan air untuk menghindari terbakarnya mesin blender. Dan kadang perlu banyak air untuk kehalusan yang paripurna.

Masalahnya pas waktu menumis tiba. Saya mesti bersabar. Perlu waktu lama mengaduk-aduk bumbu hingga airnya berkurang, gak langu, dan bumbu cukup matang.


Teringat satu metode yang diajarkan bude saya. Beliau terinformasi dari tayangan masak memasak di televisi. Jadi bumbunya dimatangkan terlebih dahulu dengan ditumis baru diblender.

Akhirnya metode baru ini kami terapkan pas memasak opor ayam dan rekan-rekannya di lebaran tahun ini. Sebenarnya juga sesuai untuk masakan lain semacam semur, soto, sambal krecek. Dari segi citarasa Alhamdulillah cocok-cocok saja.

Namun semua kembali ke selera masing-masing ya. Ketika saya lempar ide ini di Instagram @kueoma, ada yang lebih cocok menghaluskan dari bumbu mentah. Karena citarasanya berbeda. Ya gapapa masak kan suka-suka kitaaa 🙂

Berikut step by step membuat bumbu halus lebih mudah dan tanpa langu :

  1. Iris bawang merah, bawang putih, dan bahan-bahan lain (kunyit, jahe, kemiri, dan lainnya). Gak perlu tipis banget kayak mo bikin bawang goreng. Untuk bawang merah ukuran kecil misalnya cukup diiris 2-3 bagian.
  2. Siapkan minyak untuk menumis. Secukupnya saja gak perlu kebanyakan, ya. Bukan seperti menggoreng.
  3. Tumis dalam minyak dingin (gak perlu dipanaskan dulu) api sedang. Saya gak numis sekaligus. Paling awal irisan bawang putih. Ketika mulai harum, bawang merah dan bumbu-bumbu lainnya masuk. Untuk irisan kemiri ditumis terpisah. Tumis bahan sambil selalu diaduk. Indikator tumisan selesai adalah layu, harum, langu hilang. Jangan sampai cokelat dan kering karena bisa membuat aromanya sedikit hilang ketika dihaluskan (putaran blender juga menghasilkan panas) .
  4. Biarkan bumbu hasil tumisan dingin baru haluskan dengan air menggunakan blender.
  5. Panaskan bumbu halus kembali. Pemanasan ini sebenarnya untuk menge-check apa aroma langu sudah hilang atau belum. Soalnya pernah ujug-ujug cemplung ternyata masih langu. Bila yakin aroma langu sudah hilang, bisa langsung dicampur dengan bahan-bahan utama lain.

Metode ini lebih pas buat bumbu yang dihaluskan pake blender dan air ya. Kalo pake cobek numisnya kan gak begitu lama. Lagipula mungkin agak ribet karena licin kalo ngulek bahan-bahan tumisan berminyak. Dan saya belum paham apakah metode ini bisa dipake kalo mo bikin stock bumbu halus dasar ato gak. Biasanya bikin untuk dadakan.

Sekian sharingnya. Kalau ada yang kontra atau pro dengan metode ini atau ada metode lain yang lebih memudahkan, silakan cerita ya 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Manfaat dan Cara Kerja Mesin Juicer untuk Kesehatan Anda

blendermurahcuy | Dalam era yang serba cepat ini, memenuhi kebutuhan nutrisi harian menjadi tantangan tersendiri. Memahami manfaat dan cara...